Mengenal Bab Joran



Bagian-bagian joran
a. Blank : Bagian utama joran berupa batang panjang yang terbuat dari material tertentu (fiber, karbon, komposite, bambu, dll)
b. Reel seat : dudukan reel pada joran (reel/kerekan nanti dibahas selanjutnya)
c. Butt : sesuai artinya, bab bawah joran, kawasan dimana terdapat reel seat. bab kawasan dipegang oleh pemancing.
d. Line guide (ring guide/marit) : bab kawasan keluarnya senar dari reel. (akan dibahas lebih lanjut setelahnya)
e. Ferrule : Bagian untuk menyambung joran (biasanya pada joran 2 section, 3 section, dst)
Material joran
a. Fiberglass : materi yang sangat kuat, lentur, tapi berat, Lifting power rendah (apa itu lifting power dibahas selanjutnya)
b. Graphite : materi yang kuat, ringan, tapi cenderung gampang retak (rapuh), gampang patah, lifting power kuat, lebih sensitif mencicipi gigitan ikan.
c. Komposit : terminologi sederhananya adonan antara graphite dan fiberglass, kuat, cukup ringan, cukup lentur. (Sementara kita fokus dulu pada materi Fiberglass dan graphite)
Power dan action rod
a. Power Rod : bisa didefinisikan sebagai kemampuan/kekuatan joran dalam daya angkat (lifting power). Biasanya dibagi menjadi 3 bagian. Light (L), Medium (M), dan Heavy (H).
b. Action Rod : action atau bentuk dari joran saat mendapatkan beban. Berkaitan dekat dengan tapper (dari salah satu lembaga mancing, menawarkan definisi rasio/perbandingan dari ketebalan joran dari ujung bawah (butt) ke bab teratas (top) joran). Biasanya dibagi jadi 3.
-Fast tapper : hanya di sedikit bab ujung joran yang melengkung
-Medium tapper : melengkung sampai bab tengah joran
-Slow tapper : melengkung sampai bab butt joran
Action rod sangat kuat dalam proses memancing. salah satunya saat melempar (casting).
Joran yang fast tapper, cenderung mempunyai akurasi lemparan lebih tinggi dari medium/slow, tapi mengorbankan jarak lemparan.
Joran yang medium/slow tapper, cenderung mempunyai jarak lemparan yang lebih jauh dari fast, tapi mengorbankan akurasi lemparan.
Hal lainnya ialah saat menggentak. Joran fast tapper cenderung lebih cepat hook up daripada medium/slow, terutama pada teknik mancing heavy duty menyerupai jigging/popping (hal ini masih bisa diperdebatkan)
Tipe/model joran
a. Spinning rod (joran sejuta umat)
Joran yang umum digunakan pemancing di indonesia. model jorannya dari teleskopik, 1 section, 2 section, dst.
b. Baitcasting rod (overhead)
Joran yang mempunyai posisi berkebalikan dari spinning rod. Rod jenis ini harus memakai baitcasting reel (overhead reel) Cara gampang membedakan spinning dan baitcasting (overhead) rod ialah dengan melihat bab reel seat, pada joran baitcasting terdapat semacam trigger (seperti pelatuk pada pistol). yang fungsinya sebagai pegangan pada tangan saat memakai baitcasting reel/overhead reel.
Ring guide pada rod model ini jauh lebih banyak daripada spinning rod, hal ini alasannya ialah saat joran tipe ini menerima beban, posisinya akan menengadah, maka semoga senar tidak membentur blank, dibutuhkan ring yang lebih banyak.
c. Pole rod (tegek)
Joran tanpa ring guide dan reel seat, berisi beberapa section yang bisa dimasukkan dalam bonggol joran, menyerupai juga dengan konsep joran teleskopik.
Biasanya panjang dari 2-7 meter. Bagian ujung joran terdapat sebuah benang (biasa di sebut dacron) untuk menambatkan tali yang digunakan untuk memancing.
Biasanya panjang tali yang digunakan sama dengan panjang joran. Joran tipe ini banyak digunakan untuk mancing mujaer, nila, di empang, atau mancing rabitfish (baronang) di laut.





d. Joran Teleskopik
Joran yang tersusun dari beberapa section, dimana tiap ujung section mempunyai line guide (ring/marit). Joran yang ringkas untuk dipakai. Cocok digunakan untuk pemancing yang ingin irit tempat, alasannya ialah bisa disimpan didalam tas.
Joran tipe ini tergolong kurang kuat, alasannya ialah distribusi beban yang diterima tidak maksimal (karena banyaknya section).
berikut ialah macam-macam joran teleskopik.
a. Standar :
– panjang 1 – 2.1 meter : biasa digunakan di empang atau kolam.
– panjang 2.1 – 4.5 meter : biasa digunakan di pinggir bahari / sungai besar.
b. Surfcast :
– panjang bisa mencapai 3-5 meter : biasa digunakan pasiran (surf fishing) /karangan (rock fishing), maritnya biasanya bisa dilipat shingga gampang dibawa.
c. ISO (penuntun senar kecil)
– panjang 1-4.5 meter, biasa digunakan memancing udang di sungai atau di laut. ciri maritnya kecil-kecil.

Berbagi pengalaman seputar mancing Teknik mancing, Umpan pancing, Video mancing

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Bab Joran"

Post a Comment

Silahkan berkomentardengan bijak dan sesuai dengan konten......