Umpan Paling Jitu Memancing Ikan Mujair

Sahabat Memancing – Jika kita kemarin membahas umpan jitu ikan lele galatama, sekarang kita akan membahas umpan mancing ikan mujair, tapi sebelumnya kita akan berkenalan dulu sedikit mengenai ikan mujair ini.
Ikan mujair merupakan ikan yang berasal dari perairan Benua Afrika, lebih tepatnya di perairan Mozambik. Ikan ini di beri nama ikan mujair karena pada awalnya yang menemukan ikan ini pertama kali di Indonesia adalah pak Mujahir.


Ikan Mujair mempunyai bentuk tubuh yang pipih dan memiliki warna hitam sedikit ke abu-abuan. Ikan ini bisa mencapai panjang hingga 40 cm.

Ikan ini juga sering kita jumpai di kawasan muara yang mempunyai air berpayau, karena memang ikan mujair walaupun termasuk ikan yang hidup di air tawar tapi ikan ini juga mempunyai toleransi di perairan asin yang ada kadar garamnya cukup tinggi.

Habitat asli ikan mujair ada di sungai, tambak, waduk, situ, danau dan rawa. Untuk cara kembang biak ikan mujair ini tentunya sama dengan ikan tawar lainnya
Baik, sekarang kita akan membahas umpan yang digunakan untuk memancing ikan mujair. Tidak terlalu berbeda umpan yang digunakan untuk memancing ikan ini dengan ikan patin.

Tapi saya disini akan membahasnya dengan lengkap ditambah tips-tips jitu umpan ikan mujair, umpan macing ikan mujair ada 2 jenis, yang alami dan buatan, mari kita bahas keduanya:

Umpan Mancing Ikan Mujair dari Bahan Alami:

1. Umpan Ikan Mujair dari Ulat Beras


ulat beras untuk umpan ikan mujair




Ulat beras masih menjadi andalan untuk di jadikan umpan mancing ikan mujair yang jitu, ulat ini sering kita jumpai di beras yang lama tidak di urus, sehingga mennggumpal.

Di gumpalan itulah terdapat ulat kecil yang kita sebut dengan ulat beras. Selain ikan mujair, ikan Emas dan Nila pun juga menyukai umpan yang satu ini.


2. Umpan Ikan Mujair dari Laron


inilah umpan ikan mujair dari laron



Tahukan laron? yang biasa muncul di malam hari saat terjadinya peralihan musim, dari musim kemarau ke musim penghujan.

Banyak sekali laron di malam hari yang berterabangan, itu bisa kita manfaat untuk di jadikan umpan ikan mujair. Biasanya ikan mujair yang sangat suka dengan laron adalah yang habitatnya di waduk ataupun danau, di selain itu juga suka kok.

3. Umpan Ikan Mujair dari Udang


umpan ikan dari udang yang jitu


Biasanya kita menggunakan udang jenis air tawar, kemudian kita akan memberikannya sedikit essen udang agar supaya lebih menguatkan lagi rasa umpan. Umpan ini sangat sederhana tapi sangat ampuh untuk menaklukkan ikan mujair.



4. Umpan Ikan Mujair dari Cacing


ampuhnya cacing untuk dijadikan umpan jitu ikan tawar



Umpan ini tidak diragukan lagi keampuhannya, bukan hanya ikan mujair, banyak ikan yang lain juga sangat menyukai umpan yang satu ini.

Jenis cacing yang kita gunakan untuk umpan memancing ikan mujair adalah cacing merah, cacing kalung, kristal dan cacing susu. Jika kita menggunakan umpan ini cukup gunakan seekor untuk satu kali saja.

5. Umpan Ikan Mujair dari Ulat Belimbing


ulat belimbing untuk umpan ikan mujair



Ulat yang satu ini kita dapat menemukannya di buah belimbing. Di musim penghujan biasanya belimbing mempunyai buah yang buruk, di situ akan ada banyak ulatnya.

Kita bisa memanfaatkannya dengan cara kita membelah buah belimbing dan mengambil ulatnya, kemudian kita jadikan umpan memancing ikan mujair.

6. Umpan Ikan Mujair dari Kupu-kupu


kupu-kupu sebagai umpan ikan mujair


Karena kupu-kupu ini asalnya dari ulat daun pisang jadi tak heran lagi jika ikan mujair menyukainya. Kupu-kupu sangat bagus dan juga efektif untuk di jadikan umpan yang ampuh, banyak pemancing yang menggunakan umpan ini, kamu perlu mencobanya.

Umpan Mancing Ikan Mujair dari Bahan Buatan/Campuran:

1. Umpan Ikan Mujair Resep Pertama


tepung meizena untuk umpan ikan mujair


pertama kita siapkan dulu bahannya seperti, Tepung ketan Rose Brand, Tepung maizena, lumut setengah basah yang diambil bagian atasnya saja kemudian vanila bubuk.

Kemudian kita campur semua bahan tadi mennjadi satu. uleni sampai merata, setelah itu kita kukus dengan waktu sekitar 4-6 menit saja. Tapi kita juga harus berhati-hati saat mengukus, karena tekstur lumut mudah hancur, jadi jangan terlalu panas-panas.

Setelah itu diamkan sampai dingin dan bentuk adonan tadi bulat-bulat, resep pertama pun sudah siap untuk diluncurkan.

2. Umpan Ikan Mujair Resep Kedua


vanili campuran umpan ikan mujair



Kita bisa memanfaatkan lumut untuk di jadikan umpan jitu memancing ikan mujair dengan menambahkan pewangi alami seperti vanili. Caranya cukup dengan menuangkan vanili ke lumut dan campurlah sampai merata.

3. Umpan Ikan Mujair Resep Ketiga


lumut umpan jitu mujair



Pertama kita kumpulkan dulu lumut emapang yang kita ambil bagian atasnya saja, lalu kita campur dengan garam. Cara ini sangat efektif untuk digunakan memancing ikan air tawar, terutama ikan mujair.

Cara lengkap pembuatannya seperti ini, gunakan garam secukupnya untuk digunakan sebagai penyedap rasa buatan, Kemudian aduk lumut dengan garam sampai merata, resep ketiga siap di uji coba.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai umpan ikan mujair, jika kamu tertarik baca juga artikel saya mengenai Umpan Jitu Maning Ikan Kakap Merah. Semoga dapat bermanfaat dan semoga hasil pancinganmu besar dan banyak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Umpan Paling Jitu Memancing Ikan Mujair"

Post a Comment

Silahkan berkomentardengan bijak dan sesuai dengan konten......