Reel Mancing Otomatis Atau Elektic



Electric Reel atau reel pancing elektrik atau reel otomatis tentunya dibentuk pabrikan memiliki tujuan tertentu, dibentuk tentu untuk mempermudah melaksanakan aktivitas memancing tanpa mengurangi sensasi.  Ambil saja permisalan, zaman dahulu kendaraan beroda empat diciptakan masih menggunakan versneleng gigi manual, belakangan dengan majunya zaman sudah banyak mobil-mobil yang menggunakan transmisi automatic, bahkan motor pun rata-rata sudah menggunakan transmisi automatic. Nah, apakah dengan perubahan sistim transmisi ini kenikmatan berkendara anda terganggu? atau menjadi tidak “nyeni”? tentu tidak…            Demikian pula dengan hadirnya electric reel / reel otomatis… electric ini kebanyakan disamping menggunakan sistim electric juga masih sanggup dioperasikan secara manual, sehingga beberapa pemancing mengambil laba sistim electric nya hanya untuk mengganti ganti umpan…. sanggup dibayangkan kalau kedalaman bahari mencapai 200 meter kalau menggunakan reel manual (jigging) yang mempunya ratio 7 : 1 saja sekali putar hanya 0,8 meter, nah kalau 200 meter sanggup dibayangkan tentu lebih dari 200 kali putaran engkol setiap penggantian umpan (250 x).
Dapat diduga sekali menggunakan jenis reel ini, maka jangankan strike menggunakan engkol manual yang disediakan disitu, disentuh pun bakalan sangat jarang karena menikmati sensasi strike menggunakan kekuatan motor electric yang memiliki daya tahan luar biasa.

Sebelum membahas lebih lanjut ihwal cara bijak menggunaan reel elektrik ini sebaiknya diketahui lebih dahulu beberapa hal mengenai electric reel / reel otomatis
Jika kita melihat reel-reel jenis Over-Head (OH) yaitu reel konfensional yang dudukannya diatas maka reel inipun dibentuk sama (OH), seluruh fungsi manual terdapat dalam reel electric menyerupai rem (drag) baik tuas drag maupun star drag.
Hanya saja yang membedakan yaitu di potongan dalam reel ini disisipkan motor DC yang memiliki kekuatan bervariasi tergantung dari type dan jenis-jenis yang dibentuk oleh pabrikan.
Motor ini ada yang disisipkan didalam spool dan ada pula yang di luar spool.
Sebagai kelengkapan operasi motor ini dibuatlah sistim kontrol elektrik (IC) yang sanggup dioperasikan melalui tombol-tombol yang mudah, tombol-tombol ini umumnya dipakai untuk operasi Jigging, atau juga untuk operasi kecepatan disamping tombol memori kedalaman dan memori permukaan air.
Pabrikan menyadari bahwa memancing tentunya berhadapan dengan “berbasah-basahan” oleh sebab itu hampir semua electric reel dibentuk kedap air (khususnya air garam), beberapa jenis bahkan tamat dipakai sanggup di siram air hangat guna menghilangkan air garam yang mungkin masih menempel di sudut-sudut komponen elektrik reel tersebut.

Bagaimana cara pengoperasiannya? disinilah bekerjsama inti yang akan di jelaskan sehingga dibutuhkan memperoleh sensasi yang tidak kalah nikmatnya dibandingkan menggunakan reel-reel jenis manual.
Pertama tentu hubungkan dahulu ke sumber tegangan DC berupa accu (normalnya 7 Ampere, 12 Volt) walaupun ada beberapa electric reel yang menggunakan catu daya 24 Volt.
Periksalah monitor yang ada di electric reel kalau sudah tampak angka 0.0 dan simbol-simbol lain itu artinya alat sudah siap bekerja.
Ulurlah umpan yang ber-pemberat (jika arus deras gunakan timah pemberat yang lebih berat) dan jangan lupa ibu jari tetap menempel di spool gulungan senar sambil dikendorkan sedikit.
Tanpa menempatkan ibu jari di spool sanggup dipastikan ketika pemberat sudah hingga dasar spool tetap berputar sehingga senar akan melilit tidak beraturan dan sanggup menimbulkan kemacetan putaran.
Jika pemberat sudah hingga dasar hentikanlah putaran dengan beberapa cara, salah satunya sanggup dengan sedikit memutar engkol manual, atau menekan tombol on-off secara singkat.
Ingat : beberapa jenis reel jepang ketika pemberat terulur ke dasar, motor secara automatic hidup untuk membantu mempercepat turunnya pemberat. Cara mematikannya bilamana pemberat sudah hingga dasar yaitu dengan memutar engkol sedikit, maka motor segera berhenti.

Sekarang tibalah ketika menanti strike…!!!
Sebelum hal itu terjadi, pastikan drag/rem jangan pada posisi dead drag, buka sedikit hingga masih sanggup terulur dengan kekuatan tertentu.
Setel putaran kecepatan gulung pada posisi terpelan, bukan tercepat sebab putaran tercepat umumnya hanya dipakai untuk mengganti umpan, kecepatan putaran sanggup ditingkatkan seinring dengan melemahnya tarikan/berontakan ikan sasaran.
Bersiaplah untuk strike dengan posisi ibu jari siap di tombol on-off atau di tuas kecepatan (jenis tertentu) dan jari lainnya pada posisi drag/rem. Kedua posisi ini sepertinya sulit, tetapi sesungguhnya sangat gampang hanya dengan sekali mencoba menjadi terbiasa, bahkan “keranjingan”.
Saat strike terjadi, pompalah joran..!!! tetapi ingat ketika joran dipompa keatas jangan sekali kali menghidupkan atau menekan tombol “on” sebab pada kondisi ini beban terberat sedang tercapai, jangan khawatir kalau ikan berontak secara ganas spool akan terulur terus hingga tenaga ikan mengendur, kalau hal ini terjadi..kencangkan bertahap drag/rem hingga kalau ikan berontak masih terulur sedikit. tombol “on” atau volume kecepatan gres diizinkan diaktifkan dan di tambah kecepatannya ketika joran diturunkan, demikian seterusnya hingga terasa perlawanan ikan makin mengendur, nah ketika perlawanan menjadi kendur maka biarkan tombol “on” terus pada posisi “menyala” untuk menaklukkan ikan hingga permukaan air.
Umumnya ikan-ikan kedalaman kalau mencapai setengah kedalaman tenaganya berkurang drastis.
Pengguna yang tidak memahami cara menggunakan electric reel biasanya ketika strike eksklusif menekan tombol “on” dan apa yang terjadi… “adu kekuatan antara ikan dan motor electric”… sanggup saja ini dilakukan asal kekuatan motor super berpengaruh (75 kg) dan strike ikan hanya setengah dari kekuatan motor tersebut, namun demikian tidaklah bijak cara menggunakan reel menyerupai itu.

Yakinlah bahwa menggunakan electric reel ini tidaklah sesulit yang dibayangkan.. sangat gampang semudah menggunakan sepeda motor matic.
Sensasi yang diperoleh juga sama sekali tidak kalah dengan menggunakan reel manual, laba lain yaitu kita sangat menghemat tenaga terutama ketika mengganti-ganti umpan.
Disamping itu juga kalau masih ingin menggunakan cara manual umumnya jenis reel ini dilengkapi dengan engkol atau tuas pemutar manual.
nah kalau demikian apalagi yang dipertimbangkan?
Segera miliki electric reel dan rasakan sensasi berbeda.


Berbagi pengalaman seputar mancing Teknik mancing, Umpan pancing, Video mancing

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Reel Mancing Otomatis Atau Elektic"

Post a Comment

Silahkan berkomentardengan bijak dan sesuai dengan konten......